Home Tips Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

262
0
SHARE
Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Surat lamaran kerja atau cover letter merupakan surat resmi yang ditulis para pencari kerja untuk memperkenalkan dirinya. Banyak perusahaan yang memandang surat lamaran sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen anda. Biasanya mereka membaca karakter pelamar dari gaya bahasa dalam surat lamarannya.

Karena itu sangan penting bagi anda menulis surat lamaran yang baik. Bukan hanya kertasnya yang bagus, melainkan juga sistematika dan bahasa yang menarik perhatian perusahaan. Persiapkan diri saat menulis surat lamaran baik ditulis tangan maupun diketik. Gunakan kata baku dan santun dalam menyampaikan maksud dan tujuan.

Untuk itu hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut :

1. Kesan Individual

Jika anda berencana mengirim surat lamaran ke banyak perusahaan, pastikan anda menulis nama perushaan itu dengan benar. Selain itu, perlu juga anda membuat surat lamaran yang ditujukan kepada seseorang, gunakan nama dan jabatan yang spesifik bila perlu. Dan jangan hanya menyalin contoh-contoh surat lamaran, ubahlah sesuai keperluan anda.

2. Singkat dan Padat

Tulislah surat lamaran dengan bahasa yang singkat tanpa kata-kata rumit. Perusahaan mungkin menerima ratusan surat lamaran, karena itu tulis surat lamaran satu halaman saja karena surat lamaran yang terlalu panjang tidak efektif.

3. Jangan Menulis Ulang Yang Ada di CV

Surat lamaran pekerjaan memang seharusnya menjelaskan pencapaian anda baik dalam pekerjaan maupun pendidikan. Namun, usahakan jangan sampai persis dengan yang sudah ada di tulis di CV sebagai lampiran. Cukup rangkum pencapaian tersebut dengan singkat dan menggunakan bahasa yang menari

4. Isi Surat Lamaran

Perhatika paragraf pertama dan terakhir, pastikan kalimat pembuka tidak berbelit-belit. Sampaikan tujuan anda dalam paragraf pertaman lalu disertai biodata singkat. Paragraf awal harus singkat dan bersifat menjual. Sementara di paragraf terakhir, sampaikan harapan anda untuk dihubungi kembail lalu tutup dengan ucapan terima kasih.

5. Proof Read

Untuk menghindari kesalahan dalam menulis surat lamaran, baca kembali surat lamaran setelah anda selesai menyusunnya. Periksa ejaan, kebersihan, biodata, alamat yang dituju.

6. Tanda Tangani Surat Lamaran Kerja

Penandatanganan surat lamaran kerja menunjukan otentitas identitas anda. Namun jika anda menulisanya secara daring (online), tanda tangan otomatis tidak diperlukan.