Home Tips Tips Membuat Curriculum Vitae (Resume) Yang Baik

Tips Membuat Curriculum Vitae (Resume) Yang Baik

67
0
SHARE
Tips Membuat Curriculum Vitae (Resume) Yang Baik

Resume atau Curriculum Vitae adalah alat marketing anda, namun ada perbedaan yang jelas antara mempromosikan diri dengan baik atau menjadi sombong. Agar resume anda terlihat memukau pastinya anda perlu menulis, menyampaikan, dan terstruktur dengan baik. Jangan lupa untuk menulis sesuatu yang membedakan anda dengan kandidat lain.

Jadi, apa yang harus anda lakukan untuk mendapatkan kesempatan interview? Jawabanya sangat simpel kunci dari menulis resume yang memukau adalah dengan mempromosikan keahlian yang anda miliki, pengalaman dan pencapaian yang anda dapat sehingga HRD mengerti apa yang henda anda sampaikan dan nilai yang bermanfaat untuk perusahaan tersebut.

Berikut ini tips penulisan Resume atau Curriculum Vitae yang baik :

1. Gunakan Kertas Putih Polos

Sebaiknya CV diprint di kertas putih polos, tidak menggunakan background image, kecuali jurusan Seni/Design. Jangan menggunakan CV yang dijual di toko.

2. Diketik Dengan Hurus Standar Surat Resmi

CV diketik dengan komputer atau laptop bukan ditulis tangan. Gunakan huruf dengan ukuran dan jenis standar (warna hitam). Direkomendasikan menggunakan font Calibri ukuran 12 pt.

3. Foto Terbaru

Lampirkan pas foto terbaru ukuran 4x6 (kebijakan perusahaan). sebaiknya gunakan pas foto berwarna, berpakaian resmi, dan background  foto pilih warna standar, yaitu merah, biru, atau abu-abu (kebijakan perusahaan). Lampirkan maksimal 2 lembar.

4. Dokumen Pendukung

Lampirkan dokumen atau bukti-bukti tentang hal-hal yang yang dituliskan dalam CV, seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat, atau penghargaan. Dokumen pendukung ini dilampirkan dalam bentuk fotokopi. Seleksi lebih dulu dokumen yang penting dan relevan untuk dilampirkan. Jika belum memiliki ijazah karena masih kuiah atau sedang proses cetak bisa diganti dengan surat keterangan Mahasiswa / surat keterangan lulus.

5. Jumlah Halaman CV

Pada umumnya CV terdiri atas 1 - 2 halaman.

6. Tata Bahasa dan Tanda Baca

Setelah menulis CV, periksa kembali isinya. Penulisan CV harus memenuhi syarat penulisan yang benar sesuai EYD. Mudah dibaca dan dicerna serta jujur sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.