Home Kesehatan Manfaat Akar Manis Untuk Mengurangi Kadar Gula Dalam Darah

Manfaat Akar Manis Untuk Mengurangi Kadar Gula Dalam Darah

42
0
SHARE
Manfaat Akar Manis Untuk Mengurangi Kadar Gula Dalam Darah

Akar Manis adalah sejenis tanaman polong-polongan. Tanaman yang dalam bahasa yunani kuno dinamakan "Liquorice" ini diperkirakan berasal dari Eropa bagian selatan dan sebagian Asia.

Akar manis akan tumbuh dengan baik di area tanah yang dalam, subur, mengandung cukup air dan banyak sinar matahari. Lama panen berkisar antara 2 hingga 3 tahun setelah penanaman.

Manfaat akar manis bisa dirasakan baik dalam dunia kuliner maupun pengobatan. Pemanfaatan akar manis dilakukan dengan mencampurkan langsung akar manis ke dalam masakan atau dengan cara mengambil ekstrak dari bagian akar.

Caranya yaitu dengan merebus akar dari tanaman akar manis lalu menguapkan airnya. Bagian akar mengandung zat yang disebut Glycyrrhizin. Ciri khas dari zat ini yaitu memiliki rasa manis, dimana tingkat kemanisannya diklaim 50 x lebih manis dari gula.

Dalam dunia kuliner, pemanfaatan ekstrak akar manis sering digunakan sebagai bahan pembuatan permen untuk pelega tenggorokan. Pemanfaatan akar manis sebagai tanaman obat yaitu untuk mengurangi kadar gula dalam darah.

Max Planck (Institute berlin Jerman) menemukan bahwa akar manis mengandung zat anti diabetes, zat ini dinamakan amorfrutin. Selain itu, zat ini juga ternyata memiliki fungsi anti inflamasi dan dapat ditoleransi sangat baik oleh tubuh manusia.